Mesin Waktu 23 Desember 2010

 

 Mesin Waktu 23 Desember 2010

Mesin Waktu 23 Desember 2010 – Pada tanggal 23 Desember  3 tahun silam atau tepatnya pada tahun 2010, FC Internazionale Milano akhirnya secara resmi memecat dan juga meminta Rafael Benitez untuk mundur sebagai pelatih kepala dari tim Biru Hitam tersebut.

 

Benitez yang dipercaya oleh manajemen Inter untuk menggantikan peran Jose Mourinho di bursa transfer musim panas 2010,  ternyata dianggap gagal oleh manajemen Inter yang akhirnya membuat dirinya hanya mampu bertahan selama setengah tahun sebagai pelatih kepada dari Internazionale Milano. Mantan pelatih dari tim Liverpool tersebut sendiri sebenarnya mampu meraih titel Super Coppa Italiana dan juga Piala Dunia Antarklub ketika ia menukangi Inter Milan. Namun performa mengecewakan I Nerazzurri di kompetisi Serie A Italia ditambah dengan perdebatan dan juga cek cok yang terjadi antara dirinya dengan Presiden Massimo Moratti, akhirnya membuat Benitez harus rela diberhentikan oleh manajemen Inter dan tidak melatih Inter di sisa musim 2010 tersebut.

 

Seperti diketahui bersama bahwa pada saat itu, Inter Milan sedang tertinggal jauh sekitar 13 poin dari AC Milan yang saat itu sedang berada di posisi puncak klasemen sementara kompetisi Serie A Italia pada musim 2010/11. Sedangkan Il Biscione sendiri sebenarnya masih memiliki tabungan 2 laga lebih sedikit dikarenakan keterlibatan Inter Milan di ajang Piala Dunia Antarklub.

 

Sebenarnya pemecatan Benitez ini disebabkan dan juga diperparah oleh komentar Rafa Benitez sendiri yang mengkritisi mengenai kebijakan transfer Inter. Bahkan Benitez langsung bersuara lantang dan juga berani memberikan ultimatum kepada sang presiden Massimo Moratti agar klub segera mendatangkan dan juga membeli beberapa nama besar dan juga berkualitas di bursa transfer musim dingin. Praktis mendengar hal tersebut, Moratti meradang yang akhirnya kehabisan kesabaran sehingga memilih untuk memberhentikan Benitez di tengah musim.

 

Moratti mengatakan bahwa dirinya sangat tidak puas dengan hasil di kompetisi Serie A sebelum hasil di laga final Piala Dunia Antarklub. Kemudian secara tidak terduga Benitez mengeluarkan pernyataan dan juga ultimatum tersebut yang akhirnya membuat Moratti memilih untuk memecat Benitez. Moratti sendiri mengatakan bahwa ia sedang membicarakan mengenai permasalahan transfer dengan pihak manajemen. Dan ia sendiri akhirnya puas ketika Inter berhasil meraih gelar juara Piala Dunia Antar Klub. Namun kesalahan besar Benitez yang mengkritisi dan juga memberikan ultimatum membuat Moratti akhirnya memilih untuk memecat Rafa.

 

Hanya selang beberapa hari, Inter sendiri akhirnya memilih untuk mengangkat pelatih pengganti yang akhirnya jatuh kepada eks pemain dan juga pelatih AC Milan Leonardo. Dan kabarnya pemecatan Benitez sendiri juga disetujui oleh para pemain Inter yang masih rindu dengan gaya kepelatihan Jose Mourinho yang memilih hengkang ke Real Madrid.