Data Dan Fakta Uruguay vs Italia

Data Dan Fakta Uruguay vs Italia

Juara World Cup - Pada perebutan peringkat ketiga Piala Konfederasi 2013 terjadi duel dua tim yang kecewa. Uruguay dan Italia adalah tim yang kalah secara terhormat dari lawan mereka ketika bertanding di semifinal yaitu Brasil dan Spanyol. Baik Uruguay maupun Italia tentu berharap bisa mengakhiri laga mereka di Brasil tahun ini dengan membawa kemenangan. Tidak bisa dipungkiri, peringkat tiga lebih baik dari pada peringkat empat. Walaupun demikian pertandingan pelipur lara ini tak mudah bagi kedua tim.

Italia dilanda masalah kebugaran yang sangat parah. Enam pemain mereka yang mungkin tidak akan isa diturunkan sang Cesare Prandelli. Sedangkan Uruguay tidak mengalami masalah apa pun. Dari data yang didapat, ternyata kedua tim ini bertemu terakhir pada November 2011 yang lalu pada pertandingan persahabatan. Saat itu, Uruguay menjadi pemenang dengan skor 1-0 melalui gol tunggal yang dilakukan oleh Sebastian Fernandez – Juara World Cup

Secara keseluruhan Uruguay unggul dalam head to head kedua tim. Sebanyak delapan pertemuan melawan Italia, Uruguay telah menang sebanyak tiga kali, mengalami kekalahan sebanyak  dua kali dan bermain imbang tiga kali. Diketahui bahwa faktanya ada delapan dari anggota timnas Uruguay yang saat ini bermain bagi klub-klub dari Italia. Walaupun sebagai top skorer Serie A, ternyata Edinson Cavani hanya mampu memberi rekor gol di timnas dengan cukup mengecewakan. Cavani baru mencetak enam gol dalam 28 pertandingan terakhirnya bersama timnas Uruguay.

Disisi lain, Italia memang kalah dari Spanyol dalam laga semifinal. Namun Azzurri adalah lawan pertama bagi tim matador yang berhasil meraih clean sheet melawan dalam 16 pertandingan terakhir. Sedangkan bek sayap Uruguay mempunyai catatan defensif yang bagus dan Italia adalah tim dengan crossing terbanyak pada Piala Konfederasi 2013 ini.

Sepanjang 85 tahun terakhir, Uruguay dan Italia telah berhadapan sebanyak delapan kali. Tapi dalam lebih dari dua dekade terakhir ini Italia dan Uruguay baru bertanding sebanyak dua kali. Pada laga persahabatan yang berlangsung pada 15 November 2011 Uruguay berhasil menang dengan skor melawan Italia.

Pada Piala Dunia tanggal 25 Juni 1990 Uruguay menang dengan skor 2-0. Pada piala konfederasi ini Uruguay berhasil mencetak 8 gol ketika melawan Tahiti dan kalah dengan skor 2-1 melawan Brasil. Selama Piala konfederasi berlangsung, data statistik rata-rata Uruguay berhasil menciptakan 3 gol, 12 tendangan ke gawang, 3 kali terjebak offside.

Data statistik rata-rata Italia dalam setiap pertandingan selama Piala Konfederasi adalah dengan 2 gol, tendangan ke gawang 14 kali. Tendangan pojok sebanyak 5 kali, melakukan pelanggaran 17 kali, terjebak offside 3 kali dan mendapat lemparan ke dalam 17 kali. Penguasaan bola 47 persen dan umpan sukses 85 persen – Juara World Cup