Berita World Cup Calcio Classic Derby Derby D’Italia Bagian 1

Berita World Cup Calcio Classic Derby Derby D'Italia Bagian 1Berita World Cup - Rivalitas sengit dan rasa permusuhan antara Inter Milan dan Juventus telah diabadikan dengan julukan Derby d’Italia. Frase ini pertama kali dicetuskan oleh wartawan sepakbola Italia terkenal Gianni Brera pada tahun 1967 untuk menamai laga antara dua klub asal Italia yang memiliki prestasi nasional dan internasional terbanyak. Meskipun saat ini mungkin julukan itu sudah kehilangan relevansinya, Derby d’Italia masih sering digunakan untuk menandai persaingan keduanya di liga.

Istilah Derby d’Italia memang baru digunakan mulai tahun 1967, namun rivalitas antara keduanya selalu sengit sejak sebelumnya, mulai tahun 1930an di mana kedua klub bersaing untuk dominasi sepakbola Italia. Jika mungkin saat itu hubungan keduanya hanya sebatas rival biasa, maka kekacauan yang mengakhiri musim 1960/61 lah yang mengubah keduanya menjadi musuh bebuyutan.

Saat itu musim 1960/61 sudah hampir usai, namun perebutan gelar scudetto masih berlangsung, dengan kontestan utamanya Inter dan Juventus. Keduanya bertemu pada 16 April 1961 di kota Turin, laga yang digadang-gadang akan memutuskan siapa juara Serie A. Stadion dipenuhi penonton, beberapa suporter malah duduk di sebelah pelatih Inter Helenio Herrera di bangku cadangan. Dengan begitu banyak  penonton memadati stadion, tampaknya tidak bisa dihindari lagi pasti akan ada yang menginvasi lapangan. Setelah setengah jam saat tendangan Inter mengenai tiang gawang, ada beberapa penonton memasuki lapangan, membuat wasit menghentikan pertandingan dan Inter dimenangkan 2-0, membuat mereka memuncaki klasemen. Namun, pada tanggal 3 Juni, dengan hanya satu laga tersisa musim itu, Juventus menang dalam usaha mereka untuk banding, dan laga 16 April diputuskan harus diulang. Kedudukan klasemen saat itu Juventus sudah unggul dua poin di puncak. Bianconeri tampaknya sudah akan memenangkan gelar keduabelas mereka dengan seri melawan Bari sudah cukup karena Inter di luar dugaan kalah 0-2 di Etnei – Berita World Cup.

Pertandingan ulangan dijadwalkan pada tanggal 10 Juni. Presiden Inter Angelo Moratti masih emosi karena Federasi Sepakbola Italia membatalkan keputusan awal mereka untuk menghadiahi Inter poin, dan moodnya semakin buruk melihat kenyataan bahwa Umberto Agnelli, anggota yang berpengaruh di federasi, memang punya keterlibatan besar di klub Juventus. Moratti merasa bahwa Agnelli menggunakan pengaruhnya untuk mengubah keputusan Federasi, dan tidak ada yang bisa menyalahkan kemarahannya.  Moratti lalu menyuruh manajer Inter Helenio Herrera untuk memainkan tim Primavera mereka sebagai bentuk protes, dan  Inter pun kalah 9-1.

Inter melakukan pembalasan pada tahun 1962 dengan mengalahkan Juve dua kali, di kandang dan tandang, dalam keberhasilan mereka merebut scudetto, namun tidak membuat mereka memaafkan ataupun melupakan insiden musim sebelumnya.

Insiden 1960/61 menjadi tonggak level baru permusuhan kedua klub dan sejak saat itu kontroversi selalu membalut laga keduanya. Derby d’Italia juga menyuguhkan fans pertandingan yang menghibur dan memberikan panggung bagi para pemain untuk menuliskan nama mereka dalam sejarah tiap klub – Berita World Cup.

Ditulis oleh Juara World Cup Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://juaraworldcup.com/berita-world-cup-calcio-classic-derby-derby-ditalia-bagian-1/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.